Nelayan Lamongan Pilih Selamat

Home / Berita / Nelayan Lamongan Pilih Selamat
Nelayan Lamongan Pilih Selamat Nelayan di Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Rahmad, memperbaiki jaring, Rabu, (15/2/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESJATENG, LAMONGAN – Mayoritas nelayan di pesisir Pantai Utara (pantura) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, terpaksa tidak melaut atau menunda berlayar untuk menangkap ikan. 

Menurut salah satu nelayan di Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Rahmad, mereka memilih tidan melaut karena gelombang tinggi dan angin kencang masih melanda perairan setempat.

"Ombak tingginya bisa sampai 4 meter, kadang lebih.  Ombak tinggi seperti itu bahaya buat nelayan tradisional seperti kami, biar selamat ya sandar dulu,"  ujar Rahmad, Rabu (14/2/2017). 

Gelombang di laut yng cukup tinggi, membuat para nelayan mencari aman dengan tidak melaut hampir dua pekan. "Lebih baik sandar dulu nggak kelaut, sudah 10 hari ini sandar nggak melaut," kata Ramhad. 

Selagi tak melaut di saat cuaca yang tidak bersahabat seperti saat ini, Rahmad dan para nelayan di Pantura memilih untuk memperbaiki perahu dan jaring yang biasa mereka gunakan untuk menangkap ikan.

"Sambil nunggu ombak normal lagi, kita perbaiki kapal, jaring, saja dulu. Kalau sudah baik, baru berangkat ke laut lagi," ucapnya. 

Rahmad mengatakan kondisi ini membuat mereka tak lagi mendapatkan penghasilan. 

"Ya gak punya penghasilan, nggak melaut. Semoga cuaca normal lagi, sehingga kami bisa ke lait lagi," tuturnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com