3 Tips Agar UKM Tetap Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

Home / Ekonomi / 3 Tips Agar UKM Tetap Bertahan di Masa Pandemi Covid-19
3 Tips Agar UKM Tetap Bertahan di Masa Pandemi Covid-19 Ilustrasi - UKM (Usaha Kecil Menengah) (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESJATENG, JAKARTAPandemi covid-19 berdampak besar pada perekonomian global. Banyak industri yang terpaksa gulung tikar karena tak mampu bertahan di tengah badai corona. Terlebih bagi UKM (Usaha Kecil Menengah).

Meski begitu, roda ekonomi harus tetap berjalan. Tak sedikit pula yang bertahan, meski tertatih.

Bagi pelaku usaha ada 3 tips agar bisnis tetap berjalan. Apa sajakah itu?

Inovasi produk

Kebutuhan pasar sangat penting bagi berkembangnya UKM. Cari tahu kebutuhan pasar dan lakukan inovasi. Misalnya saat ini permintaan akan masker sangatlah tinggi, maka berinovasilah membuat masker yang unik. 

Kualitas produk tetap yang utama

Bagi pengusaha, kualitas terbaik adalah kepuasan bagi pelanggan. Meski bahan baku mahal, sebaiknya tidak mengurani kualitas. Karena yang diingat pelanggan saat akan memeli produk adalah kualitas terbaik. Amat disayangkan jika kualitas menurun, hal itu akan mengurangi kepercayaan pelanggan. 

Maksimalkan pelayanan 

Bagi bisnis UKM di jalur daring tentunya dibarengi dengan kebutuhan layanan logistik yang mumpuni. UKM dapat memanfaatkan layanan pengiriman dalam hari yang sama agar produk bisa diterima secara cepat oleh konsumen. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com