Hadiri Pemakaman Gus Im, Gubernur Khofifah Ceritakan Pesan Almarhum

Home / Berita / Hadiri Pemakaman Gus Im, Gubernur Khofifah Ceritakan Pesan Almarhum
Hadiri Pemakaman Gus Im, Gubernur Khofifah Ceritakan Pesan Almarhum Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri acara pemakaman Gus Im. (FOTO: Anggit for TIMES Indonesia)

TIMESJATENG, JOMBANGGubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya KH Hasyim Wahid (Gus Im). Belasungkawa itu disampaikan saat prosesi pemakaman Gus Im di di makam keluarga di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, Denanyar Jombang, Sabtu (1/8/2020) malam.

"Kami akan melanjutkan sebagian dari cita-cita panjenengan kiai (Gus Im), semoga khusnul khotimah,” katanya.

Khofifah bercerita, dirinya memiliki kenangan khusus bersama Gus Im. Gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini mengatakan dirinya termasuk salah satu orang yang sering komunikasi dengan Gus Im sebelum wafat.

Bahkan sebelum meninggal dunia, kata Khofifah, Gus Im masih sempat mengirim pesan kepadanya terkait Covid-19. “Sebelum wafat beliau menghubungi saya, minta serius menangani Covid 19,” jelasnya.

Dengan terisak-isak, Khofifah menambahkan, meskipun Gus Im dalam keadaan sakit keras di Jakarta, tapi ia masih perhatian dengan keadaan masyarakat Jawa Timur.

Sebagai bagian dari Jawa Timur, Gus Im punya perhatian khusus pada tanah kelahiran orang tuanya. Apalagi keluarga besarnya berada di Pesantren Tebuireng dan Pesantren Mamba’ul Ma’arif, meskipun ia tinggal di Jakarta.

“Dalam keadaan kesehatan yang menurun, beliau masih memperhatikan keadaan masyarakat Jawa Timur yang sedang menghadapi ujian berat terkait Covid-19 ini,” tambah mantan Kemensos itu.

Sifat mulia dari sosok Gus Im memang jarang dipublikasikan. Gubenur Jatim Khofifah menuturkan, dirinya sering kali diberi masukan dan nasehat oleh Gus IM terkait banyak hal. “Macam-macam dawuh dan nasehat beliau sampaikan pada kami. Seluruh cita-cita beliau akan jadi catatan kami,” ujarnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com