Lawan Wabah Virus Corona, Ini Ritual Khusus Wali Kota Solo

Home / Berita / Lawan Wabah Virus Corona, Ini Ritual Khusus Wali Kota Solo
Lawan Wabah Virus Corona, Ini Ritual Khusus Wali Kota Solo Wali kota Solo FX. Hadi Rudyatmo dan Wakil wali kota Achmad Purnomo melakukan potong rambut hingga pelontos. (Muhamad Shidiq/Times Indonesia)
Fokus Berita

TIMESJATENG, SOLO – Bertempat di halaman belakang rumah dinas Loji Gandrung, Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo menggelar cara unik sebagai ikhtiar mengusir virus Corona.

Terlihat Wali Kota FX. Hadi Rudyatmo, Wakil Wali kota Achmad Purnomo, Sekda Ahyani tanpa ragu-ragu memotong habis rambut di kepala mereka, alias cukur gundul.

Wali-Kota-Solo-2.jpg

Selain tiga orang paling penting di Pemkot Solo tersebut, sejumlah  kepala dinas yang menjadi bagian dari OPD Pemkot Surakarta ikut juga memotong habis rambut mereka.

Terlihat ada Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi, Kepala Dinas Perhubungan Hari Prihatno dan Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Surakarta Yosca Herman Sudrajad.

Wali Kota juga mengajak anggota DPRD Kota Surakarta. Beberapa anggota dewan terlihat hadir seperti Ketua serta Wakil Ketua Komisi III DPRD Surakarta, Honda Hendarto serta Teguh Prakoso yang ikut cukur gundul.

Prosesi memotong rambut hingga habis yang dilakukan wali kota dan kawan-kawan tersebut dilakukan beberapa tukang potong rambut yang sudah ahli. ‘’Rapetke mas. Ngarep sik,’’ pinta wali kota kepada tukang potong rambut yang berposisi di belakangnya tersebut.

Namun wali kota tidak hanya duduk manis sampai rambutnya habis dipotong. Terlihat wali kota ikut memotong rambut beberapa kepala dinas di OPD Pemkot Surakarta. Demikian pula dengan Teguh Prakoso yang tampak cukup luwes memotong habis rambut salah satu kepala dinas.

Diakui wali kota, cukur hingga gundul rambut yang ia miliki tersebut dilakukan sebagai usaha mengusir wabah virus Corona yang ada di wilayah Kota Surakarta.

‘’Saya melakukan ritual cukur gundul bersama-sama mengusir bala, mengusir virus Corona dari Kota Surakarta. Semoga dengan ritual ini Kota Surakarta bebas virus Corona,’’ ujar Wali kota Surakarta dua periode tersebut.

Selain ikhtiar mengusir virus Covid-19 dari Kota Solo, Pak Rudy, sapaan akrab Wali Kota Solo tersebut, mengatakan, cukur gundul tersebut dilakukan dengan harapan agar pikiran jadi jernih.

‘’Prosesi ini diharapkan memberikan penyegaran. Supaya membuat gembira warga yang banyak membaca berita menakutkan tentang Covid-19,’’ ujar wali kota.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo mengakui, sejak naik haji yang sudah cukup lama ia lakukan sebelumnya, baru kali ini ia memotong habis rambut di kepalanya. ‘’Saklawase lagi iki aku melu cukur gundul,’’ ucap Achmad Purnomo yang artinya selama ini baru kali pertama ikut potong rambut sampai habis. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com