Peringati HPN 2020, Pemkab Cilacap Apresiasi Peran Insan Pers

Home / Berita / Peringati HPN 2020, Pemkab Cilacap Apresiasi Peran Insan Pers
Peringati HPN 2020, Pemkab Cilacap Apresiasi Peran Insan Pers Penyerahan nasi tumpeng dari Wabup Cilacap ke Penasihat PWI Cilacap, Agus Sukaryanto. (FOTO: Estantto/TIMES Indonesia)

TIMESJATENG, CILACAPPemkab Cilacap mengapresiasi kinerja insan pers di Cilacap, khususnya PWI yang dinilai telah menunjukkan perannya dalam membangun Kabupaten Cilacap melalui pemberitaan.

"Selamat Hari Pers Nasional untuk teman wartawan di PWI," kata Wakil Bupati Cilacap, Jumat (14/2/2020).

Pemkab-Cilacap-2.jpg

Lantas wabup mengajak wartawan sama-sama mempertahankan hubungan yang baik selama ini, dan selalu memberitakan secara baik dan tidak menyebar berita bohong atau hoaks.

Hal itu diungkapkan Syamsul saat memberikan sambutan pada puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Orchid Lounge & Bar, Hotel Dafam Cilacap.

Acara diwarnai dengan aksi sosial dan dikemas dalam bentuk kegiatan donor darah bertajuk Spread the Love by Donating Blood (Sebarkan Cinta dengan Donor Barah).

Wabup mengatakan, terkait potensi wisata di Cilacap yang pada saat ini masih memerlukan  perhatian khusus dari semua pihak. "Tidak terkecuali pers Cilacap yang diharapkan mampu memberikan kontribusinya untuk mempromosikan destinasi wisata di Cilacap," ucapnya.

Menurut Syamsul, Cilacap saat ini masih dikenal sebatas menjadi daerah tujuan Industri saja, sedangkan dari sisi pariwisatanya masih kurang optimal. "Sehingga dengan kualitas dan kemampuan pers, saya harapkan di tahun ini mampu memberitakan potensi pariwisata di Cilacap. Seperti wisata bahari maupun wisata alam lainnya. Tak terkecuali car free day yang dapat dimasukkan dalam paket wisata yang nantinya akan menghidupkan hotel di Cilacap,” jelas wabup.

Pemkab-Cilacap-3.jpg

Ketua PWI Cilacap Mohamad Sobiri melalui Penasihat PWI Cilacap Agus Sukaryanto  menyampaikan, peringatan HPN tahun 2020 di lingkup Kabupaten Cilacap menjadi momentum untuk meningkatkan sinergitas insan pers dengan sejumlah pihak.

Hal tersebut sekaligus menjadi penekanan dari keberadaan pers sebagai salah satu ujung tombak program pembangunan yang ada di wilayah Cilacap.

Agus melanjutkan, untuk mewujudkan hal tersebut memerlukan komitmen bersama. Yakni baik pers maupun Pemkab Cilacap dan rekanan lainnya. Seperti halnya sinergitas yang sedang dilbangun oleh PWI Cilacap dengan Biznet.

Yakni dalam hal pendidikan atau mengenai edukasi jurnalistik melalui program Biznet Goes to School.

Program tersebut akan menyasar sebanyak sepuluh sekolah yang ada di Cilacap dengan melibatkan langsung wartawan PWI sebagai pengisi materi atau narasumbernya.

Agus menambahkan, sinergitas juga akan terus dilakukan PWI Cilacap dengan Pemkab Cilacap, yang tahun ini sedang gencar mempromosikan sejumlah destinasi wisata.

Meski demikian, pihaknya  berpesan, insan pers ke depannya harus mampu untuk tetap mempertahankan kaidah jurnalistik yang baik dan selalu mengedepankan independensinya sebagai awak media pemberitaan.

“Saya kira teman-teman  wartawan, khususnya yang tergabung dalam PWI Cilacap, sampai saat ini sudah memegang independensinya, dengan memberitakan fakta dan bukan hoaks. Komitmen ini kami tegaskan, akan terus dijaga  sebagai bentuk mendukung program pembangunan yang ada di Kabupaten Cilacap,” tegas Agus.

Acara ini dikemas dengan donor darah bersama PMI Cilacap. Dari  jumlah 103 pendaftar, berhasil mengumpulkan 96 kantong darah, dan pendonor darah diberi bingkisan dari oleh Alfamart.

Sementara, Pasiter Kodim 0703/ Cilacap Kapten Inf Agus Wantoro mengungkapkan, kegiatan peringatan Hari Pers Nasional tahun 2020 ini menjadi lebih berkesan dengan adanya kegiatan donor darah. Menurutnya, apa yang sudah digagas PWI Cilacap merupakan satu wujud nyata sebuah kepedulian kepada sesama.

"Kami atas nama Kodim 0703/ Cilacap mengucapkan selamat Hari Pers Nasional Tahun 2020. Insan pers adalah mitra kita. Oleh karena itu, mari kita eratkan tangan untuk sama-sama bekerja dengan obyektif dan menangkal hoaks, dengan menyajikan pemberitaan yang benar," tegas Agus. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com